indonesia-krisis-moral

Indonesia krisis moral salah siapa?

Dewasa ini masyarakat indonesia dikejutkan oleh media massa dengan berbagai kasus yang memilukan dan menggambarkan bahwa bangsa kita mengalami dekandensi moral, sehingga terjadinya krisis moral. Mulai dari pencurian, korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, dan berbagai kasus yang seharusnya tidak dilakukan, terlebih lagi kebanyakan pelaku adalah muslim.

Tergerak hati penulis untuk mencari tahu faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya krisis moral, antara lain :

  • Gaya hidup hedonisme

Dampak buruk hedonisme terhadap moral yaitu meningkatkan angka kriminalitas karena pelaku akan menghalalkan segala cara demi mencapai apa yang dia inginkan, dan hedonisme cenderung tidak menghiraukan aturan agama, sehingga terjadi kasus yang tidak diinginkan.

  •  Ekses Kapitalisme

Kapitalisme sudah keterlaluan menyerang moral bangsa, sebagai contoh mari kita perhatikan tayangan televisi kebanyakan, pembodohan dengan berbagai kemasan disajikan menghibur namun sebenarnya penghancur, tentunya ini adalah simbosis mutualisme antara kepentingan entertaiment dan kapitalis media.

  •  Liberalisme IPTEK

Perkembangan IPTEK sangat membawa dampak positif yang sangat besar, namun haltersebut juga turut berkontribusi untuk liberalisasi, maka wajar jika masyarakat memilih gaya hidup liberal, bukan lagi agama yang menjadi landasan kehidupan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ya, ini adalah metode yang sangat tepat untuk menuju indonesia sehat, dan mampu menjadi sebuah investasi untuk bangsa. Bangsa ini perlu antibodi yang sangat kuat, perlu adanya pendidikan karakter. Alangkah bagusnya perkataan Asy-Syauqi :

Setiap bangsa hanya tetap ada selama masih berbudi pekerti.

Apabila budi bangsa sudah lenyam, selamanya mereka pergi.

Hanya 2 – 4 jam per minggu diajarkan mata pelajaran agama di sekolah umum (SD,SMP,SMA), dan sekitar 4 SKS di fakultas – fakultas perguruan tinggi (selain fakultas keagamaan).Padahal, bangsa ini lebih membutuhkan pendidikan karakter yang kuat melebihi sekedar transfer ilmu saja.

Islam adalah solusi terbaik, Al-Quran dan As-Sunnah antibodi super, dan keduanya adalah character builder yang mampu membentuk masyarakat berkeadilan, mampu mengendalikan emosi, berpikir rasional dan logis, meletakan sesuatu pada tempatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s